Minggu, 26 Mei 2013

Apasih beda Teknologi Hasil Pertanian dengan Teknik Pertanian ?

12.33

Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian

Masih bingung sama perbedaan antara teknologi hasil pertanian dengan teknik pertanian ? atau bahkan belum tau tentang keduanya ? YUK BACA postingan kali ini ;)

Teknologi Hasil Pertanian

Teknologi Hasil Pertanian ( Technology of Agricultural Product ) mempelajari penerapan prinsip-prinsip kimia / biokimia, fisika dalam penanganan, pengolahan dan peningkatan nilai tambah hasil pertanian.
Hasil pertanian (nabati atau hewani ) sebagai hasil olahan sesuai penggunaannya merupakan bahan pangan yang dikonsumsi langsung maupun bahan non-pangan yang digunakan untuk bahan baku industri.
Bidang cakupan teknologi hasil pertanian :
  • ·         Kimia Hasil Pertanian,
  • ·         Rekayasa Hasil Pertanian,
  • ·         Mikrobiologi dan Bioteknologi Hasil Pertanian,
  • ·         Managemen Industri/ekonomi Hasil Pertanian

Teknik Pertanian

Teknik Pertanian ( Agricultural Engineering ) merupakan ilmu praktik-empirik yang bersifat pragmatic finalistic yang dilandasi faham mekanistik vitalistik dalam penerapan produksi dan pemanfaatan biomassa dengan menekankan pada obyek formal kerekayasaan dalam pengadaan peralatan, bangunan pengendalian lingkungan dan system produksi ( Soeprodjo ; 1994).
Teknik pertanian juga dapat diartikan sebagai pendekatan teknik (engineering) secara luas dalam bidang pertanian yang sangat dibutuhkan untuk melakukan transformasi sumberdaya alam secara efisien dan efektif untuk pemanfaatannya oleh manusia

Bidang cakupan teknik pertanian :
  • ·         Alat dan mesin budidaya pertanian
  • ·         Teknik tanah dan air
  • ·         Energi dan elektrifikasi pertanian
  • ·         Lingkungan dan bangunan pertanian
  • ·         Teknik pengolahan pangan dan hasil pertanian
Itulah penjelasan singkat mengenai teknologi hasil pertanian dan teknik pertanian. Semoga bermanfaat :) 

Sumber : Mangunwidjaja, D. dan Sailah, I. 2009. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya. Bogor.

Twitter       : @fatetaUA
Facebook    : BEM KM FATETA UNAND


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

  1. makasih infonya gan.
    yang butuh info pertanian, saya rekomendasikan jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia, adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah banyak orang yang mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia
    info ini juga dipersembahkan oleh minuman berenergi

    BalasHapus

 

© 2013 FATETA UNAND. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top